Cara agar Niat Belajar

Hai semua, udah berapa bulan gak post. By the way, happy new year yaa semoga resolusi di tahun ini tercapai. Kali ini aku akan berbagi cara tentang cara belajarku sehari - hari. Semoga post kali ini bermanfaat.. 

1. SILENT hpmu!!
Hal ini, hal yang terpenting di era sekarang. Siapasih yang gak punya hp dan pasti kalian akan tergoda kalau ada notif chat apalagi instagram, uh kalau udah nyeleweng di hati bilangnya bentaran doang tapi aku yakin bakal keblablasan sampe berjam - jam gak kerasa. Caranya biar gak tergoda ya di silent dan hpnya di balik. Jadi layar hpnya yang dibawah. Kalau gak di mode pesawat langsung!! Bingung? kalau kalian punya pacar yang gak bisa ditinggali dan harus chat setiap detik. Tinggal bilang gini aja "Aku belajar dulu ya sampe jam segini .. kalau udah jam segini aku kabari" pasti dingertiin. Masa ada pacar ngelarang belajar. 

2. Kenali cara belajarmu
Untuk yang satu ini gak kalah pentingnya sama yang pertama. Di setiap orang pasti punya cara belajar yang beda ya. Ada yang bisanya belajar di tempat yang sunyi kayak di kamar, ada juga yang sambil dengerin musik, ada yang belajar di depan tv, dll. Ada juga yang gak bisa belajar monoton, lihat buku terus berjam - jam. Ini sih kayak aku. Jujur bakal nyut - nyut an ini kepala kalau belajar gak ada istirahatnya. Mungkin karena aku lebih suka belajar di kamar. Jadi cepet ngerasa bosen dan otak membeludak. Caranya aku kasih waktu 1 jam atau nggak paling cepet 30 menit buat belajar. Terus keluar kamar bentar lihat TV atau cari cemilan apalah pokoknya bentar aja paling lama 10 menit terus balik lagi ke kamar. Jangan keblablasan liat TV yaa.. 

3. Buat buku catatan sendiri 
Kalau bagi yang males nulis catatan banyak - banyak, bisa juga diambil pointnya aja buat mind mapping seindah mungkin. Kalau bisa yang colourfull biar enak dilihat mata dan bisa nambah semangat belajar. Kalau aku lebih suka buat catatan yang banyak, karena bagiku dengan nulis sebanyak mungkin dengan bahasa kita sendiri bisa jadi lebih efektif dalam menghafal. Coba bayangin. Boleh juga sih stabilo di buku ajarannya langsung, cuman kan gak enak jadi kamu hanya terpaut satu buku aja. Kalau kita catat kan sama aja kita ngerangkum dari banyak bukuth ajaran atau website di google. Jangan lupa catatannya juga wajib berwarna biar indah enak dilihat! di nomor 3 ini wajib beli bolpoin warna - warni atau stabilo.

4. Buat study tracker
Study tracker ini isinya kayak jadwal deadline homework kamu. Jadi setiap pulang sekolah atau kuliah. Jangan lupa harus isi study tracker kamu ini. Biar gak lupa kalau ada pr apa aja. Caranya gampang, tinggal buat tabel terus kalau sudah dikerjain tinggal dicoret atau centang. Ini juga wajib yaa.. kalau takut lupa isi waktu pulang sekolah kuliah, bisa pake memo kecil yang bisa dibawa kemana mana. Gimana kalau kapan - kapan aku post tentang study tracker secara mendalam? setuju gak? atau cukup segini aja? komen di bawah ya!!

5. NIAT 
Buat di hatimu jadi orang yang haus ilmu. Dari ke empat cara diatas tanpa ada niat. Semua gak bisa berjalanan. Coba pikir deh, kalau kamu males - malesan. Jaman sekarang makin susah loh cari kerja. Yang udah sarjana aja masih banyak yang nganggur. Apalagi kamu yang masih pikir hang out mulu, dahuluin cangkruk dulu sama teman. Garis hidupmu kamu yang nentuin, berdoa aja percuma :) !! Ohya mau cerita singkat pengalaman masuk hampir setahun masuk kuliah. Bagi yang baca ini masih anak sekolah. Trust me, bener - bener beda. Kalau masih andelin rela berangkat pagi nyalin pr contek temannya. Nyari temen kayak gini di kuliahan susah loh. Jadi, harus percaya diri dan niat ya!! 




Thank you for reading this post~

Comments

Popular posts from this blog

Tips agar Bulu Mata Lentik dan Bervolume 24 jam (Beauty Tips #5)

"QUEENERRO" tim dance from SMPN2 Surabaya (Life Story #1)

Review Lipstick Just Miss 14 ribuan (J-10) (Beauty Tips #6)